Unggul Dalam Budi Pekerti
Terdepan Dalam Pretasi

Renungan Tahun Baru

1 Muharrom merupakan awal tahun baru dalam islam, banyak riwayat dan atsar yang berbeda yang membahas tentang permulaan awal tahun baru hijriyah. Dan penetapan Muharom sebagai awal bulan hijriyah. akan tetapi ada hal yang penting, yang harus kita fikirkan bersama, yaitu tentang degradasi aqidah, dan akhlak yang melanda anak anak muda muslim pada zaman ini.

Jikalau kita melihat pergantian tahun baru masehi dan tahun baru hijriyah, maka kita akan dapati sebuah kondisi yang amat sangat memprihatinkan. Kita tidak akan menyalahkan saudara saudara kita dari non muslim yang merayakan tahun baru masehi, karena itu adalah bagian dari perayaan mereka. Yang kita prihatinkan adalah pada malam pergantian tersebut justru malah di meriahkan oleh begitu banyak nya anak muda-mudi islam. mereka saling bercampur antara laki-laki dan perempuan. bahkan tidak sedikit dari mereka para anak muda yang saling berpasangan, padahal tidak ada ikatan yang halal di antara mereka. Mereka saling berbaur bahkan hingga dini hari. Tak jarang khomer dan hal hal harom lain nya mengiringi malam mereka.

pada malam itu, diantara mereka banyak yang mengenakan jilbab, namun sepertinya itu hanya sekedar pakaian dan aksesoris saja, mereka begitu gembira dan antusias, hingga mereka lupa identitas mereka sebagai seorang muslim, hingga mereka lupa akan Sang pembawa Risalah yang sangat menghawatirkan keselamatan mereka. Tidak hanya itu, pada pagi hari nya mereka kehilangan solat subuh, solat yang merupakan pembeda antara orang beriman dan orang munafik. Namun seperti nya hal tersebut juga tidak banyak dihiraukan,

Selanjut nya, Coba kita tengok malam pergantian tahun baru hijriyah, ya….tak kalah ramai dan meriah. banyak dari warga hampir di setiap kampung mengadakan acara doa bersama dan di tutup dengan makan bersama, guna menyambut malam tahun baru hijriyah, Beberapa dari mereka bahkan juga sama…..terjaga hingga dini hari. Akan tetapi solat subuh tak mereka tinggalkan. Namun ada yang menarik di sini…..KEMANA ANAK MUDA MUDI KITA???? Ya,,,,malam tahun baru hijriyah memang juga sangat meriah dan di isi dengan kegiatan yang positif, namun hampir tak kita jumpai anak anak muda. yang ada hanya lah orang orang tua, bahkan di antara nya sudah lanjut usia. Sedangkan anak muda kita entah kemana, entah mereka tau atau tidak bahwa malam itu adalah malam tahun baru hijriyah.

Inilah yang dimaksud degradasi aqidah dan ahlak, bagaimana mungkin seorang muslim, yang lahir dikeluarga muslim, besar dalam lingkungan muslim. Lebih condong kepada ajaran di luar ajaran agama nya sendiri. Inilah tugas kita bersama, Peran orang tua, Guru dan lingkuangan sangat mempengaruhi anak muda mudi kita. Benarlah apa yang telah di sabdakan Rosululloh : Bahwa akan datang suatu zaman, dimana umat islam akan mengikuti ajaran sebelum datang nya islam (Jahiliyah), sedikit demi sedikit. hingga mereka tidak tau dan tidak sadar telah jatuh kedalam lubang kebinasaan.

Cara yang paling tepat untuk mengembalikan anak anak kita kejalan agama adalah dengan mengenalkan mereka kepada sang pembawa risalah. buat mereka kenal hingga jatuh cinta kepada Nabi Nya. maka tidak usah di perintah…mereka akan siap untuk berkorban apapun demi Nabi Nya.

Selamat tahun baru hijryah…..mudah mudahan Alloh perbaiki keadaan kita semua menuju keadaan yang lebih baik. Amiin……

Update Agenda

Info Yayasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lebih Dekat Bersama Kami
Yayasan Pondok Pesantren Terpadu Al Hikam Banyudono, Boyolali

Bergabung Bersama Kami
Follow,Share,Like & Subscribe

Anda juga dapat berpartisipasi serta bergabung dalam proyek akhirat yang akan menjadi amal jariyah anda, dengan transfer ke rekening :
BSI a.n YPPT AL HIKAM 0987654321
ATAU, Scan saja kode barcode dibawah ini dengan aplikasi M-Banking Anda.

Copyright@Yayasan Pondok Pesantren Terpadu Al Hikam Sorowanden RT03/Rw03, Banyudono, Banyudono, Boyolali – 2022